Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Update Terbaru 2017

Advertisement
Membeli Mobil Bekas - Mobil adalah kendaraan yang kini sudah menjadi kebutuhan banyak orang untuk bepergian dan menjalankan bisnis. Faktor transportasi umum di Indonesia yang masih jauh dari kata nyaman memang membuat banyak orang kemudian memilih untuk membeli kendaraan pribadi untuk keperluan sehari-harinya.

Selain mobil baru ternyata di Indonesia mobil bekas pun banyak peminatnya. Hal ini tidak lain karena harga yang ditawarkan mobil bekas jauh lebih murah dan sang pembeli menyukai model dari mobil bekas tersebut. Namun para pembeli seringkali kebingungan untuk memperhatikan aspek apa saja untuk membeli mobil bekas.

Memilih mobil bekas itu tidak mudah, banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan target mobil yang akan kalian beli dalam keadaan baik, siap pakai dan tidak bermasalah di kelengkapan surat. Pada artikel ini sepulsa akan membahas bagaimana langkah yang perlu kalian tau sebelum membeli mobil bekas.

Karena kita membeli mobil bekas dipakai orang lain kita tidak tahu kondisinya. Untuk itu bengkel mobil yang dipercaya bisa kita minta untuk melakukan general check up terhadap mobil bekas yang baru kita beli.


Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

1. Tempat Pembelian

Cara dan trik pertama untuk memilih mobil bekas yang bagus dan berkualitas adalah dengan memperhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Memang kini ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawarannya.

2. Eksterior Mobil

Setelah Anda menemukan penjual dan tempat mobilnya, maka saatnya melakukan langkah selanjutnya yaitu pengecekan. Bagian mobil yang biasanya Anda perhatikan adalah eksterior mobil. Lakukan saja pengecekan pada bagian yang paling pertama terlihat ini. Pada bagian eksterior mobil ini beberapa bagian mobil yang harus dicek adalah  bagian bodinya.

3. Ketika telah mengumpulkan data harga saat memilih mobil bekas, jangan langsung mempercayai hasil data yang Anda peroleh tersebut. Ingat, setiap penjual pasti mengharapkan keuntungan yang besar. Jadi, rata-rata harga mobil bekas tersebut sudah merupakan harga yang telah dinaikkan atau belum tentu  harga pasar mobil bekas tersebut.

4. Harus anda  ingat, ketika akan membeli mobil bekas tersebut, bisa juga berarti Anda membeli problem orang lain. Pastikan Anda telah mengetahui sejarah mobil yang akan Anda beli termasuk juga perawatannya. Hal ini bisa kita ketahui dari kartu perawatan mobil tersebut. Cari informasi seakurat mungkin termasuk apakah mobil tersebut pernah terendam banjir, turun mesin, kecelakaan dll. Sebelum membeli mobil tersebut mintalah mekanik yang ahli untuk memeriksa mobilnya.

5. Test Drive. Usahakan mendapat izin kesempatan untuk melakukan Test Drive dengan jarak sejauh mungkin dengan aneka bentuk jalan. Bisa juga Anda mencoba ke daerah dimana mobil itu sering digunakan. Dengan test drive ini Anda dapat mengetahui masalah yang terdapat pada mobil tersebut.

6. Hati-hati juga dengan pemalsuan pada odometer. Hal seperti ini banyak dilakukan penjual yang nakal demi untuk meningkatkan value mobil yang akan dijualnya. Jadi jangan penah tertipu pada angka-angka yang tertampil di odometer tersebut.

7.  Bukalah tutup pada mesin tersebut dan perhatikan baik – baik apakah terdapat belt yang aus, pipa bocor,  oli berceceran dan juga periksalah apakah seluruh indikator bekerja dengan baik, demikian juga dengan lampu indikator.

Sulitnya mengidentifikasi mobil bekas berkualitas prima juga dibenarkan oleh General Manager Mobil88 Fischer Lumbatoruan. "Identifikasi mobil bekas yang bagus itu susah. Sekarang bengkel, salon mobil, sudah semakin canggih. Mobil yang sudah seminggu terendam banjir, bisa disulap jadi terlihat bagus. Pembeli harus jeli, minimal belinya di tempat yang dipercaya," jelas Fischer, Kamis (26/2).

Fischer menambahkan mobil bekas paling riskan adalah yang pernah terendam banjir. Terutama di Jakarta, biasanya setelah banjir akan banyak mobil-mobil bekas yang dijual. Sayangnya mobil-mobil tersebut merupakan mobil bekas banjir. Mobil sekarang banyak yang menggunakan komponen elektrikal. Kalau terendam banjir komponen-komponen tersebut akan mudah korsleting.

"Misalnya komponen ICU yang sudah rusak terendam banjir. Kalau diganti mahal, biasanya pemain nakal itu cuma otak-atik saja. Sementara tidak terlihat tapi jangka panjang pembeli harus membayar mahal," tambah Fischer. 

Tips Membeli Mobil Bekas

Apakah anda penasaran dengan tipsnya? Nah langsung saja yuk kita simak tipsnya:

– Sebelum anda membeli mobil bekas di dealer maupun perorangan, alangkah lebih baik anda sebelumnya menjelajah di internet terlebih dahulu untuk mencari mobil bekas yang anda inginkan. Karena di jaman digital ini sudah banyak para penjual mobil bekas yang memanfaatkan media internet untuk menjual mobil mereka. Anda bisa ketik “jual beli mobil bekas” di google untuk mencari mobil bekas yang anda inginkan. Dengan begitu anda bisa membandingkan harga mobil bekas dengan mudah.

– Lalu tips membeli mobil bekas yang kedua adalah wajib hukumnya untuk melihat mobil bekas yang anda incar secara langsung. Karena jika anda melihat mobil bekas secara langsung anda bisa cek kondisi mobil secara detail karena anda mengamati sendiri mobil bekas tersebut. Jika anda menyukai mobil bekas dari Jepang anda bisa mencermati kondisi body mobil apakah ada tanda-tanda bekas kecelakaan di mobil tersebut.

– Jika mobil bekas dari pabrikan Jepang yang anda incar maka anda bisa menomorduakan urusan mengenai mesinnya karena biasanya mobil pabrikan negara Sakura memiliki mesin yang cukup tangguh dan perawatannya yang cukup murah.

– Namun lain halnya jika anda membeli mobil bekas dari pabrikan Eropa maupun Amerika. Kondisi dapur pacu mobil merupakan nomor satu yang wajib anda perhatikan. Karena kita tahu sendiri jika onderdil mesin tersebut memerlukan penggantian kita perlu menggantinya dengan onderdil mobil eropa ataupun amerika yang terkenal mahal.

– Lalu tips membeli mobil bekas yang ke 5 adalah nyalakan mobil bekas yang anda incar tersebut seminimal-minimalnya lima menit. Saat mobil bekas tersebut menyala perhatikanlah knalpot. Jika mobil bekas tersebut bermesin diesel namun mengeluarkan asap alangkah baiknya anda langsung meninggalkan mobil tersebut.

– Kemudian dengarkanlah suara deru mobil bekas saat dinyalakan. Jika anda mendengar suara yang aneh sedikit saja jangan sungkan untuk langsung bertanya kepada dealer atau orang yang menjualnya kalau mobil tersebut dijual secara perorangan.

– Ajak jalan-jalan sebentar mobil bekas yang anda incar tersebut. Jika sesuatu yang tak beres terjadi dengan mobil bekas tersebut orang awam yang bukan teknisi mobil pun pasti bisa mengetahuinya.

Sekian artikel ini dibuat semoga informasi tentang bagaimana cara praktis memilih mobil bekas ini dapat berguna untuk kalian semua.


Searches related to cara membeli mobil bekas

tips membeli mobil bekas di showroom
tips membeli mobil sedan bekas
memilih mobil bekas harga 50 jutaan
yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas
tips membeli mobil bekas secara kredit
tips dan trik membeli mobil bekas
ciri ciri mobil bekas rental
Advertisement
Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Update Terbaru 2017 | Aminmahrus Com | 5